Mengenal Fungsi Belahan Otak

Sabtu, 04 Februari 2012 - Diposting oleh Badal di 04.56
Anda pasti tahu bahwa anugerah terbesar yang diberikan oleh Alloh kepada manusia adalah Otak. Otak identik dengan akal karena adanya otak, manusia dapat berfikir untuk menentukan arah hidupnya. Otak merupakan organ penting bagi kehidupan manusia karena otak sebagai koordinator dan pusat pengendali organ-organ tubuh manusia.

Otak manusia dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Tahukah anda bahwa kedua belahan otak kita ini mengatur fungsi yang berbeda? Teori tentang perbedaan fungsi otak kanan dan kiri telah populer sejak tahun 1960 ketika seorang peneliti bernama Roger Sperry menemukan bahwa otak manusia terdiri dari dua bagian yang berbeda dan memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda pula.

~ Fungsi Belahan Otak Kanan.

Otak kanan berperan dalam hal persamaan, imajinasi, kreativitas, emosi, musik, warna, dan pengenalan bentuk atau ruang. Para seniman dan musisi biasanya mempunyai otak kanan yang lebih aktif. Mereka mencipta lagu dan bermain musik dengan lebih banyak menggunakan otak bagian kanan. Begitu juga dengan pelukis. Ia mampu melakukan aktivitas kreatif melukis dan bermain warna karena didukung oleh kerja otak kanan.

~ Fungsi Belahan Otak Kiri.

Berbeda dengan belahan otak kanan, otak kiri bersifat logis, rasional, dan sangat teratur. Otak kiri berfungsi dalam hal perbedaan, permainan angka, kemampuan menulis dan berbahasa, serta hitung-hitungan atau kemampuan matematis. Belahan otak kiri ini digunakan oleh seluruh manusia di dunia dalam aktivitas berfikirnya.

~ Perbandingan Belahan Otak Kanan Dan Belahan Otak Kiri.

Bagian otak yang lebih banyak digunakan oleh seseorang dapat diketahui dari dominasi kemampuan indera yang ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Otak kita menggunakan prinsip silang. Otak kiri mengendalikan anggota gerak dan indera kita yang sebelah kanan. Sementara itu, otak kanan mengendalikan anggota tubuh sebelah kiri.

Otak kiri yang menguasai hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta menjadi pusat matematika sangat penting dalam kehidupan kita. Apabila dalam proses belajar, banyak subyek pelajaran yang merangsang dan membutuhkan kerja otak kiri. Apabila otak kiri tidak banyak digunakan atau tidak difungsikan dengan baik maka tentunya akan sulit bagi anak untuk menangkap pelajaran yang membutuhkan partisipasi otak kiri, seperti pelajaran bahasa, matematika, dan ilmu pengetahuan alam.

Otak kanan berfungsi untuk melakukan sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan orang laen, dan mengendalikan emosi. Otak kanan juga mendukung kemampuan dalam hal merasakan, memadukan, dan mengekspresikan tubuh (seperti, menari, menyanyi dan melukis). Kemampuan-kemampuan tersebut tidak kalah pentingnya dalam proses pembelajaran dan penyelesaian masalah.

Walaupun kedua belah otak mempunyai fungsi yang berbedah, tetapi setiap orang mempunyai kecenderungan untuk menggunakan salah satu belahan yang dominan dalam menyelesaikan masalah kehidupan maupun pekerjaan.

Setiap belahan otak mendominasi dalam aktivitas, tetapi keduanya terlibat pada hampir semua proses pemikiran. Kedua bagian otak ini mempunyai karakteristik yang saling melengkapi dan akan sangat merugikan apabila salah satu bagian otak lebih mendominasi karena dapat mengalahkan fungsi bagian otak yang lainnya.

Untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal, kedua belah otak perlu digunakan secara seimbang satu sama lain.

~ Perlunya Menyeimbangkan Kerja Otak.

Kerja sama antara otak kanan dan otak kiri mutlak diperlukan oleh anak agar potensi dan tumbuh kembang otaknya menjadi optimal. Menyeimbangkan kinerja belahan otak bukanlah hal yang mustahil. Kita perlu sering melatih pengembangan seluruh kekuatan otak. Potensi tersebut terdapat pada diri setiap orang, termasuk anak-anak.

Apa yang terjadi jika kerja sama antara otak kanan dan otak kiri kurang seimbang? Anda tentu pernah menemui anak atau bahkan orang dewasa yang kikuk dan canggung gerakannya, atau cenderung mudah terpeleset, tersandung, dan memecahkan barang. Hal ini dapat disebabkan oleh kurang baiknya kerja sama antara otak kanan dan otak kiri.

Sumber : Buku Meningkatkan Kecerdasan Anak.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls