Beberapa Mitos Pasca Melahirkan-Benarkah

Kamis, 02 Februari 2012 - Diposting oleh Badal di 23.11
Begitu banyak yang Anda dengar semasa hamil atau setelah kelahiran si kecil: Ia harus pakai gurita agar perutnya tidak buncit. Ia harus dibedong agar tidak terkaget-kaget. Ia harus ditarik-tarik hidungnya agar menjadi lebih mancung. Ari-arinya harus dicuci bersih dan dikubur. Ia juga tidak boleh diajak keluar rumah sebelum berusia 40 hari, dan masih banyak lagi. Wah!
Mana di antara berbagai mitos itu yang terbukti kebenarannya? Mana pula yang benar-benar tak masuk akal dan jelas-jelas hanya isapan jempol belaka? Tenang... Anda bisa mengetahui jawabannya di Parenting Indonesia edisi kali ini... Penting dan sangat berguna, terlebih bagi para mama baru!

Apakah di antara Anda ada yang pernah punya pengalaman serupa, dibombardir dengan berbagai mitos tentang bayi? Bagikan kisah Anda... Siapa tahu bisa bermanfaat bagi para mama lainnya...

Komentar Anda

1.Susilowati mengatakan memang ada benarnya beberapa mitos yang ada. terkadang kalo kita nuruti itu mitos pasti banyak selamatnya. tapi ada beberapa mitos yang nggak cocok banget kalo kita lakukan seperti sebelum 40 hari bayi nggak boleh keluar. karena kalo menurut aku itu nggak bener. siapa tahusebelum 40 hari kita mo keluar bawa bayi dengan keperluan untuk di imunisasi atau untuk berobat ke dokter ketika bayi panas atau pilek. jadi kita pakai aja nalar ketika menilai mitos-mitos tersebut. ketika kita nilai hal tersebut benar adanya nggak ada salahnya kalo kita ikuti. sebaliknya juga demikian jika dinalar nggak benar ya ditinggalkan aja.

2.Arliza mengatakan sebenernya siih banyak ya. tapi yang paling saya sangat tidak suka sampai saat ini adalah saya disalahkan oleh beberapa orang yang senior berumur dengan kondisi dahi anak saya yang maju jenong. mereka bilang saya sudah membiasakan duduk tidak dalamposisi tidur waktu menggendong si adek dulu sehingga dahinya maju..ggrrhhh..saya kesal sekali, logikanya, kepala ini sudah ada tulang tengkoraknya. Mo didudukin ato gak ya itulah bentuk kepala masing-masing, lagian juga dahi saya lebar, heheh..keturunan dong. Ada-ada aja!!!

3. Baby Ryan mengatakan Hahaha....Aku sebenernya seneng seneng aja denger orang tua ngomongin mitos"..anggap aja dongeng pengantar tidur,hehehe....walaupun gak jarang juga jadi kepikiran kenapa begini kenapa begitu...tapi cari alasan yang masuk logika aja laaahhh...ga usah dibawa pusing...hwahaha

4.Larosa Menurut saya mitos2 itu ada benernya juga seperti anak yg baru lahir hrs dibedong, manfaatnya u/ menghangatkan badannya, sebelum 40 hari tdk boleh dibw keluar maksudnya udara diluar sulit kita prediksi & fisik sang bayi lom sekuat fisik orang dewasa.so kita orangtua harus pintar2 menanggapi.

5.Surni yusmareta berhubung masih ada campur tangan orang tua dan mertua, tentu saja saya masih dibayang-bayangi oleh mitos-mitos dari mereka. Tapi pintar-pintar saya memilah nya, karena jangan sampai menolak secara kasar dan menyakiti hati mereka. Bagaimana pun mereka adalah orang tua yang sudah berpengalaman mengurus kita waktu masih bayi. Jika ada perbedaan pendapat, biasanya saya menjelaskan secara sopan, dan terkadang sambil menunjukan sumber terpercaya nya, seperti majalah atau tabloid. Dengan demikian tidak akan ada yang tersakiti hatinya.

6.Dwi Darmayanti Klu ada yang bilang sblm 40hr bayi tidak boleh keluar atw dibawa pergi secara maksud sisi positifnya, biar si bayi tidak terkena virus dari orang yang kadang kita tidak sadari dibawa ditempat yang agak banyak orang yang mungkin salah satunya sedang flu.Nah itu kan bisa saja tertular apalagi masih bayi masih rentan sekali fisiknya. dan kalau pun harus dibawa kerumah sakit/ untukimunisasi kalau bisa atur jadwal cari yang kira-kira pas jadwal jam yang sepi karena Rumah Sakit kan Tempat orang sakit. Jadi menurut saya segala mitos kita terima dengan mencari, melihat , dan menyikapi dari sisi positifnya.Cari tahu apa maksud lain dari mitos tersebut jadi tidak langsung mitos lagsung ditelan mentah- mentah. Kalau seperti itu pasti anda berpikir tidak masuk akal. Dan Anda mungkin tidak sadar bagaimana waktu diri anda bayi mungkin saja orang tua anda mengurus percaya dengan salah satu mitos yang ada.

7. Luthors Dad mengatakan Kalo ngomongin mitos orang tua pala bisa pusing, mau di bantah nanti tersinggung, kalau di lakukan kadang ga masuk logika. Memang sih mereka menerapkan hal serupa ke kita waktu kecil, tapi kan jaman udah berubah, research tentang kesehatan sudah semakin berkembang dan toh makanan atau obat2 jaman dulu beda dengan sekarang yg penuh kandungan racun. Beberapa mitos yg gua di kasi tau, bayi baru lahir di kasi minum grape water biar ga kembung gua tanya dokter katanya ga boleh. Bayi baru lahir di kasi minum kopi setetes biar ga kena stroke gua ga kasi lah, ga masuk di akal menurut gua. Bayi baru lahir di ikat pake gurita ini gua udah research ternyata bisa berbahaya buat pernapasan. bayi baru lahir ga boleh keluar 40 hari ada bagusnya biar ga kena penyakit ato masuk angin dengan keadaan cuaca yg sangat buruk sekarang ini. bayi baru lahir mesti di botakin bener banget biar rambut tumbuhnya cepet hehehe toh ga beresiko apa2 kan. sehabis minum susu bayi mulutnya di lap pake air teh ga gua kasi kasian takut pahit. Ah cape ah tulisnya, masih banyak lagi lah mitos2 gitu. Selama ga beresiko ga papa diikutin kalau sangsi tanya dokter atau research di internet. Jaman udah berubah.

8.Esti Aryati mengatakan memang sich kalo dibilang mitos itu bisa benar dan bisa juga tidak tergantung kita mau percaya atau tidak. tapi yang aku alami percaya tidak percaya tp banyak benarnya. misalnya waktu anakku cegukan, ibuku bilang kasih tisue basah/kertas dibasahi di kening anak, ternyata setelah itu cegukannya hilang. Sapu lidi atau bangle bumbu dapur ditaruh di sebelah bantal katanya buat pengusir hantu jahat dan masih banyak lagi mitos yang diberikan kepada aku. Ketika usia anak sdh harus bisa berjalan tapi blm bisa jalan maka dianjurkan tiap pagi agar kaki anak berjalan diatas rumput yang masih berembun. Memang sich tidak semuanya masuk diakal, tapi selama itu tidak membahayakan anak kenapa tidak kita turuti, toh tujuan dari semua itu adalah untuk melindungi.

9. Diana SIP mengatakan namanya juga mitos kebenarannya ya belum bisa di buktikan semuanya, memang ada juga mitos yang kalau diikuti ya ada benarnya juga kalau kita telaah dengan nalar, pengalamanku katanya bayi baru lahir sebaiknya langsung di gebrak atau dikagetin biar nantinya nggak kagetan karna aku blm berpengalaman dan jauh dari ortu waktu melahirkan anak pertamaku ya memang si kecil gampang buanget kaget namun anatara di gebrak dengan kagetan ada hubungannnya ya ku nggak ngerti juga sich.

10. lily mengatakan klo aku sih ya nurut2 aja klo orang tua hasih tau...coz aku kan juga baru punya anak 1 jadi belum ada pengalaman.

11.Ika Damar Wiyanti, SH mengatakan 20 Mitos bayi baru lahir. Mamaku selalu mengatakan hal - hal yang mitos. Orang tua selalu mengatakan hal ini dan itu. sedangkan Kalo Aku berfikir Anak yang baru lahir itu tulangnya masih lunak. masih bisa di bentuk. seperti pengen punya anak yang hidung nya mancung tiap pagi di tarik-tarikin hidungnya. Pengen punya anak yang bulu matanya lentik di guntingin bulu matanya, mo punya anak yang dagunya lancip sering di tarik-tarikin, bayi yang blom 40 hari jangan di bawa keluar rumah & bawang putih, kunyit dipotong kecil di taruh di bajunya pake peniti, Di bawah bantal nya di taruh gunting lipat, Di Tempat tidurnya di pukul-pukul pake sapu lidi biar tidurnya nyenyak, Rambutnya Di gundulin kasih minyak kemiri atau lidah buaya biar hitam dan banyak, Bayi yang baru lahir ngga boleh di foto kalo dah gede jadi narsis.

12. Agus mengatakan Hanya sekedar info bahwa penggunaan gurita pada bayi ternyata tidak terlalu baik karena dapat mengurangi daya pernafasan pada bayi sehingga menyebabkan bayi tersebut sesak nafas apalagi kalau terlalu kencang, karena bayi lebih banyak menggunakan pola pernafasan pada perut berbeda dengan orang dewasa yang menggunakan dada.

13. NATALIE Temanku bilang, klo bayi dibawah 6 bulan tidak boleh minum apapun selai susu. Apalagi air putih, dilarang keras. Katanya sih, bisa menghambat perkembangan otak. Bener gak sih?????? Sampai sekarang, aku ga berani kasih anakku apapun, selain susu. Anakku sekarang umurnya 4 bulan.

14. Susi Ernawati mengatakan Berbicara soal mitos, ada banyak sekali. Sampai tidak dapat dihitung. Apalagi di jawa. Apa saja bisa jadi mitos. Sampai makanan pun bisa. Makan pedas, nanti pup bayi ada lombok rawit utuh, padahal maksudnya kan kasian bayinya nanti bisa sakit perut jika ibu mengkonsumsi makanan pedas. Pada dasarnya semua mitos dibuat oleh nenek untuk melindungi cucunya. Jadinya ya macam-macam alasan dikemukakan. Banyak sekali yang tidak masuk akal. Tapi banyak pula yang boleh dituruti, karena memang baik buat buah hati kita. Aku cukup beruntung karena ibuku tidak terlalu memaksakan mitos-mitos yang beliau kenal. Terutama seputar makanan. Enjoy aja. Kadang memberitahu, ini tidak boleh, itu tidak boleh, tapi tidak melarang. "Saat ini ada banyak obat yang membuat bayi kuat sehingga tidak perlu hati-hatii makan ini dan itu." Begitu kata ibu. Sayangnya tetanggaku tidak seberuntung aku. Ani, begitu namanya, dimarahi habis-habisan karena anaknya terkena "sawan" semangka. Aku tidak tahu apa padanan dari "sawan" tapi dekat juga dengan kata sakit. Perut putrinya besar dan keras sekali dan dukun setempat mengatakan "sawan semangka". Jujur saja, alasan yang satu ini sangat mengada-ada. Aku cuma bilang, "Kenapa tidak bilang saja, jangan makan semangka. Titik." Ada-ada saja.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls